perkembangan dan keunggulan jurusan IESP

 

1. Keunggulan

          Keunggulan jurusan IESP adalah Menghasilkan sarjana yang berwawasan global dan mampu menganalisis perkembangan ekonomi kini dan akan datang baik secara teori maupun aplikasinya menurut keahliannya dalam bidang ekonomi moneter, ekonomi internasional, ekonomi perkotaan dan ekonomi industri sehingga pada akhirnya akan menghasilkan sarjana yang siap pakai dalam dunia kerja.

2. Perkembangan

          Perkembangan jurusan ilmu Ekonomi Pembangunan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, dan hingga kini ilmu Ekonomi Pembangunan selalu menambah dan mengembangkan metode-metode pembelajaran yang baru, mulai dari awal munculnya jurusan ilmu Ekonomi Pembangunan ilmu ini selalu memberikan arahan dan teori-teori terbaru dan hingga kini ilmu Ekonomi Pembangunan menjadi termasuk ilmu jurusan perkuliahan yang paling di andalkan, Oleh karena itu negara-negara berkembang seperti Indonesia masih sangatlah membutuhkan ahli perencana dan para pemikir-pemikir yang kritis, agar bisa menjadikan negaraini menjadi negara yang maju dan rakyat di negara ini menjadi sejahtera dan makmur sentosa.
Spesifikasi jurusan ini di bidang industri dan keuangan perbankan serta perencanaan pembangunan. Jurusan ilmu ekonomi dan bisnis menekankan pada pembelajaran berbasis praktek laboratorium yang dilengkapi dengan mini bank syariah, mini bank konvensional, laboratorium komputer dan ketenagakerjaan, Pojok Bursa Efek Indonesia (BEI) serta sarana perpustakaan jurusan yang memadai.
Untuk  mencetak sumber daya manusia yang handal dalam bidang ekonomi dan bisnis,
jurusan menawarkan minat/konsentrasi studi yaitu industri dan keuangan perbankan serta perencanaan pembangunan. Mahasiswa dibekali dengan berbagai pelatihan, seperti pelatihan analisis kredit, operasional bank, pasar modal, ekspor impor, bahasa inggris dan internet. Jurusan bekerjasama dengan beberapa instansi seperti Bank Jatim, BNI’46, BCA, Bank Mandiri Syari’ah, Bank Muamalat Indonesia, Pegadaian dan Pemkot/Pemkab untuk pemagangan mahasiswa.
Lapangan kerja yang bisa dimasuki lulusan jurusan Ilmu Ekonomi dan Bisnis seperti: Perbankan, Pegadaian, Asuransi, Leasing, Pasar Modal dan Lembaga pemerintah, BAPPEDA, Kantor Pajak, Kemenkeu, Kemendiknas, dan Perusahaan Swasta serta BUMN.
Visi, Misi dan Tujuan
Visi :
Menjadi Program studi terkemuka dalam pengembangan ilmu ekonomi pembangunan berbasis jiwa wirausaha (entrepreneurship) dan nilai-nilai Islam.
Misi :
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berkualitas guna menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang ilmu
ekonomi pembangunan didukung oleh jiwa wirausaha dan nilai-nilai Islam.
Menyelenggarakan penelitian ilmu ekonomi di bidang industri, keuangan perbankan dan perencanaan pembangunan, baik
penelitian dasar maupun terapan.
Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang industri, keuangan perbankan dan perencanaan
pembangunan yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk membangun jaringan kelembagaan yang berwawasan keilmuan dan keahlian dalam lingkup regional, nasional maupun internasional.
Tujuan dan Sasaran :
Terlaksananya proses pendidikan bermutu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang ilmu ekonom pembangunan didukung oleh jiwa wirausaha dan nilai-nilai Islam.
Terlaksananya penelitian ilmu ekonomi di bidang industri, keuangan perbankan dan perencanaan pembangunan, baik penelitian
dasar maupun terapan yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan maupun masyarakat.
Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat dibidang industri, keuangan perbankan dan perencanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak untuk membangun jaringan kelembagaan yang berwawasan keilmuan dan keahlian
dalam lingkup regional, nasional maupun internasional guna meningkatkan mutu program studi..
Sasaran :
Sasaran Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah menghasilkan sarjana ekonomi yang memiliki kompetensi di bidang ilmu ekonomi, bidang industri, keuangan perbankan dan perencanaan pembangunan didukung oleh jiwa wirausaha dan nilia-nilai Islam.
Kompetensi
Mengetahui dan memahami pengetahuan dasar, meliputi: ilmu dasar ekonomi dan bisnis, problematika ekonomi dan bisnis, alat dasar untuk analisis ekonomi dan bisnis dan kebijakan ekonomi dan bisnis.
Mampu mengidentifikasi dan mengeksplorasi isu-isu ekonomi dan bisnis, mampu menganalisis dan mengevaluasi data-data ekonomi dan bisnis serta mampu mengembangkan dan menerapkan analisis kuantitatif dan kualitatif untuk memberikan mecahan masalah ekonomi dan bisnis serta perencanaan pembangunan dan industry.
Mampu berpartisipasi dan komunikasi secara aktif dalam aktifitas akademik dan kemasyarakatan, mendayagunakan teknologi informasi guna aplikasi ilmu ekonomi dan bisnis serta menjunjung tinggi norma, tata nilai,moral, agama, etika dan tanggung jawab professional. Bekerja sama dan menyesuaikan diri secara professional di lingkungan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *